34+ Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah yang Sudah Lama Lengkap - BEKAS BINTIK HITAM
Loading...

34+ Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah yang Sudah Lama Lengkap

Loading...
Loading...
34+ Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah yang Sudah Lama Lengkap. Setiap orang pasti menginginkan kulit wajahnya mulus tanpa ada luka setitikpun, baik itu pria maupun wanita. Tapi, nyatanya hal tersebut sulit terjadi karena setiap orang pasti mempunyai bekas luka, meskipun kecil. Memang tidak menyenangkan memiliki bekas luka, apalagi jika terdapat di wajah. Padahal wajah adalah salah satu bagian dalam tubuh yang selalu dilihat pertama kali saat bertemu dengan orang lain. Maka tak heran jika terdapat sebuah bekas luka di wajah yang susah hilang adalah hal yang paling menjengkelkan.

Bekas luka di wajah bisa diakibatkan oleh jerawat, infeksi, peradangan, terbakar, kecelakaan, atau efek pascaoperasi. Bekas luka berupa jaringan parut merupakan hasil dari proses alami tubuh dalam menyembuhkan luka. Meski biasanya bekas luka akan memudar dengan sendirinya dari waktu ke waktu, namun ada juga yang dirasa sangat mengganggu penampilan. Tak heran sebagian orang menjalani prosedur medis demi bisa menghilangkan atau menyamarkannya.
9 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah yang Aman dengan Bahan Alami



Sebenarnya sudah banyak obat yang dijual sebagai cara menghilangkan bekas luka di wajah, namun tak semuanya aman. Selain itu sering melakukan perawatan wajah menggunakan berbagai produk berbahan kimia justru dapat merusak kulit. Oleh sebab itu sebaiknya pilihlah perawatan yang alami guna mendapatkan kulit cerah dan mulus.

Perawatan alami tersebut bisa menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan bahkan bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Nah, berikut ini cara menghilangkan bekas luka di wajah yang aman.

1. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya seperti ligmin dan asam amino sehingga mampu menumbuhkan kulit baru di bagian wajah. Berkat kandungan tersebut lidah buaya dapat dijadikan sebagai bahan alami cara menghilangkan bekas luka di wajah.

Cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan lidah buaya adalah, oleskan lendir atau gel lidah buaya pada bekas luka. Lakukan perawatan ini 2 hingga 3 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2. Minyak Zaitun dan Madu

Minyak zaitun dan madu juga sering sekali digunakan untuk mengobati bekas luka apalagi bekas luka bakar. Cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan minyak zaitun dan madu yaitu:

- Oleskan madu atau minyak zaitun pada area luka, lalu diamkan selama 15 hingga 20 menit.

- Cara ini bisa dilakukan kapan saja, baik pagi, siang maupun malam hari.

- Untuk hasil yang maksimal kamu bisa melakukannya sambil melakukan pemijatan agar minyak zaitun dan madu bisa meresap ke dalam kulit.

3. Mengkudu dan Timun

Baik mengkudu maupun mentimun juga sering digunakan untuk cara mengobati bekas luka di wajah atau yang lainnya. Cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan mengkudu dan timun adalah:

- Ambil buah timun atau mengkudu, lalu dihaluskan dan balutkan pada bekas luka. Kemudian diamkan selama kurang lebih 15 hingga 20 menit dan kemudian dibersihkan dengan air.

- Cara menghilangkan bekas luka di wajah ini bisa kamu lakukan saat malam hari dan dibiarkan hingga fajar tiba atau bangun tidur. Agar tidak berceceran, kamu bisa membalutnya menggunakan kain bersih atau perban. Lakukanlah secara rutin agar bekas luka segera tersamarkan.

4. Ekstrak Biji Anggur, Biji Rami dan Minyak Lavender


Ketiga bahan ini sering sekali digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka di wajah. Kamu juga bisa mengobati bekas luka yang sudah sangat lama dengan bahan ini. Cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan ketiga bahan tersebut yaitu tumbuk biji anggur lalu oleskan pada pada bagian kulit yang terkena luka. Sedangkan untuk minyak lavender dan minyak biji rami, kamu dapat mengoleskannya secara langsung.

5. Jeruk Nipis

Cara menghilangkan bekas luka di wajah selanjutnya adalah dengan jeruk nipis. Cara menggunakannya, belah jeruk menjadi 2 bagian, kemudian digosokkan pada bekas luka. Tunggu beberapa saat setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat. Cara menghilangkan bekas luka di wajah ini memang sedikit lebih perih ketimbang dengan cara yang lainnya sehingga kamu harus sedikit menahan rasa pedihnya.

6. Cuka Apel

Belakangan ini perawatan menggunakan cuka apel sedang populer. Cuka apel juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka di wajah yang aman lho. Untuk menggunakan cuka apel sebagau cara menghilangkan bekas luka di wajah adalah:

- Buat campuran antara air dan cuka apel dengan perbandingan 1 : 1

- Cuci wajah dengan menggunakan campuran tersebut. Pastikan campuran tersebut tidak masuk ke bagian-bagian sensitif pada tubuh seperti mulut dan juga mata.

- Setelah itu keringkan dengan menggunakan handuk bersih.

- Langkah kedua penggunaan dari cuka apel sebagai cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan membasahi kapas dengan menggunakan cuka apel. Kapas yang sudah dibasahi tersebut kemudian d totolkan pada kulit yang bermasalah.

- Diamkan sampai 10 menit hingga kering

- Cuci dengan menggunakan air dan keringkan dengan menggunakan handuk kering.

- Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kamu bisa menggunakannya setiap 1 hari sekali.

7. Minyak kelapa

Cara menghilangkan bekas luka di wajah selanjutnya bisa dilakukan dengan menggunakan minyak kelapa. Hal ini disebabkan karena kandungan analgesik dan juga anti peradangan yang sangat kuat yang ada di dalam minyak tersebut. Cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan minyak kelapa adalah:

- Untuk menggunakannya, hangatkan minyak kelapa terlebih dahulu. Ketika minyak sudah mulai hangat balurkan minyak ke wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya.

- Pijat lembut wajah anda setelah menggunakan minyak kelapa ini lalu diamkan.

- Pastikan setelah menggunakan minyak anda tidak membasuhnya.

- Sebaiknya lakukan perawatan ini sebelum tidur hingga keesokan paginya untuk mendapatkan hasil maksimal.

8. Masker Oatmeal

Selain enak dikonsumsi oatmeal ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam oatmeal dapat membantu mempercantik kulit wajah, termasuk memudarkan bekas jerawat dan bekas luka lainnya yang bertengger di wajah. Cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan oatmeal adalah buatlah masker dari campuran oatmeal dan beberapa bahan berikut ini sebagai cara menghilangkan bekas luka dan bekas jerawat di wajah.

Campurkan bahan:

- 1 gelas air

- Setengah gelas oatmeal

- 2 tetes perasan lemon1 sendok makan bubuk kayu manis

Cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan oatmeal:

Campurkan seluruh bahan pada satu wadah, lalu oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 20-30 menit hingga masker mengering. Setelah itu bilaslah dengan air hangat dan aplikasikan pelembab setelahnya agar kulit tidak kering. Lakukan cara ini secara rutin, agar seluruh bekas luka di wajah hilang dan memudar.

9. Putih telur

Putih telur sudah dikenal masyarakat sebagai salah satu bahan alami yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka di wajah. Putih telur yang berasal dari telur ayam kampung dianggap lebih ampuh dalam menghilangkan bekas luka, tapi jika kamu kesulitan menemukan telur ayam kampung, tak masalah menggunakan telur ayam biasa.

Cara menghilangkan bekas luka di wajah:

- Campurkan sedikit perasan jeruk lemon dengan 1 sendok makan madu dan 1 putih telur.

- Campur dalam mangkok kecil dengan ukuran yang sama, kemudian aduk-aduk hingga tercampur rata. Setelah itu oleskan pada wajah, tunggu hingga benar-benar kering. Kelupas masker dan bilas dengan air hangat. Jangan lupa oleskan pelembab setelahnya.

10 Masker Alami untuk Menghilangkan Bekas Luka di Wajah

Khususnya para wanita yang kebanyakan memiliki tipe kulit wajah yang sensitif, sehingga obat penghilang bekas luka di wajah tak berlaku bagi pemilik kulit sensitif.

Tapi jangan khawatir, karena selain obat berbahan kimia, ada obat secara alami yang dapat menghilangkan bekas luka di wajah. Dan tentunya juga aman bagi si pemilik kulit sensitif. Apa saja?

1. Masker Oatmeal

Oatmeal selain enak dikonsumsi apalagi bagi kamu yang sedang diet, ternyata juga memiliki banyak manfaat di bidang kecantikan lho. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam oatmeal dapat membantu mempercantik kulit wajah, termasuk memudarkan bekas jerawat dan bekas luka lainnya yang bertengger di wajah.

Buatlah masker dari campuran oatmeal dan beberapa bahan berikut ini, untuk menghilangkan bekas luka dan bekas jerawat di wajah.

    Campurkan bahan:

        1 gelas air
        Setengah gelas oatmeal
        2 tetes perasan lemon
        1 sendok makan bubuk kayu manis

Campurkanlah seluruh bahan pada satu wadah, lalu oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 20-30 menit hingga masker mengering. Setelah itu bilaslah dengan air hangat dan aplikasikan pelembab setelahnya agar kulit tidak kering. Lakukan cara ini secara rutin, agar seluruh bekas luka di wajah hilang dan memudar.

2. Masker Putih Telur

Putih telur sudah dikenal masyarakat sebagai salah satu bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat penghilang bekas luka. Apalagi jika putih telur dicampurkan dengan bahan lainnya yang juga ampuh dalam menghilangkan bekas luka. Putih telur yang berasal dari telur ayam kampung dianggap lebih ampuh dalam menghilangkan bekas luka, tapi jika kamu kesulitan menemukan telur ayam kampung, tak masalah menggunakan telur ayam biasa.

    Campurkan bahan:

        Sedikit perasan jeruk lemon
        1 sendok makan madu
        1 putih telur

Campur dalam mangkok kecil dengan ukuran yang sama, kemudian aduk-aduk hingga tercampur rata. Setelah itu oleskan pada wajah, tunggu hingga benar-benar kering. Kelupas masker dan bilas dengan air hangat. Jangan lupa oleskan pelembab setelahnya.

3. Masker Kunyit

Tak hanya di Indonesia, bahkan seluruh dunia mengamini khasiat dari kunyit atau yang diluar negeri beken dengan nama turmeric ini. Banyak orang yang menjadikan kunyit sebagai bahan alami dalam pembuatan masker untuk wajah, yang berkhasiat untuk mencerahkan wajah, mencegah jerawat dan lain sebagainya. Begitu pula dengan menghilangkan bekas luka dan bekas jerawat, kunyit dinilai ampuh dan tak menyebabkan iritasi bagi kulit yang sensitif.

    Campurkan bahan:

        1 sendok teh bubuk kunyit
        1 sendok teh minyak kelapa

Setelah kedua bahan dicampur dan diaduk, langsung oleskan ke seluruh permukaan wajah. Diamkan selama 10 menit dan jangan berlebih, karena warna kuning pada kunyit dikhawatirkan akan menempel dan susah hilang di wajah. Lalu bilas dengan air dingin dan jika ada sisa kuning dari kunyit, segera cuci wajah dengan sabun wajah. Lakukan cara ini setiap hari agar bekas luka memudar lebih cepat.

4. Masker Pisang

Pisang, selain enak disantap tapi juga memiliki khasiat dalam bidang kecantikan, salah satunya adalah menghilangkan bekas luka dan jerawat di wajah. Kandungan vitamin B, C, B6, Zat Besi, Fosfor, Magnesium dan berbagai zat lainnya dinilai sangat ampuh dalam mengatasi masalah bekas luka di wajah serta menghaluskan kulit wajah.

    Campurkan bahan:

        2 sendok makan pisang yang sudah dilembutkan
        1 sendok makan baking soda
        Setengah sendok teh air jeruk lemon

Bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengoleskan masker ini ke wajah. Diamkan selama 10-20 menit, kemudian bilas sampai bersih. Untuk hasil terbaik, aplikasikan masker ini ke wajah dua kali seminggu.

5. Masker Madu

Banyak yang bisa dilakukan oleh madu, salah satu keajaiban yang dianugerahkan Tuhan. Madu dapat digunakan dalam berbagai hal, entah untuk campuran minuman, diminum secara langsung, ataupun dioleskan pada area yang ada bekas luka, termasuk wajah. Jika digunakan secara terus menerus dan teratur, wajah yang memiliki bekas luka pun akan berangsur-angsur memudar.

Campurkan 1 sendok makan madu murni dengan 1 sendok minyak kelapa atau minyak zaitun. Setelah itu oleskan pada daerah wajah yang memiliki bekas luka atau pun bekas jerawat. Pijat-pijat selama dua menit, kemudian lap dengan handuk kecil yang sudah dibasahi dengan air panas.

6. Masker Yogurt

Yogurt digemarin oleh banyak orang, karena sangat cocok dijadikan campuran minuman yang menyegarkan. Tapi selain enak untuk dikonsumsi, yogurt nyatanya juga memiliki banyak khasiat, khususnya dalam bidang kecantikan. Banyak masker alami yang terbuat dari yogurt, dan salah satu manfaatnya yang bisa dirasakan adalah yogurt dapat menghilangkan bekas luka dan jerawat yang telah lama bersemayam di wajahmu.

Yuk bikin masker yogurt agar bekas luka di wajah pudar dengan cara yang alami dan aman!

    Campurkan bahan:

        4 sendok teh perasan jeruk lemon
        3 sendok teh plain yogurt
        4 sendok makan madu
        1 butir putih telur

Setelah bahan dicampur, oleskan pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 15 menit hingga masker mengering dengan sempurna. Kemudian bilas menggunakan air bersih dan jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembab, agar wajah tidak kering setelahnya. Gunakan masker ini seminggu 2 kali agar hasil lebih maksimal.

7. Masker Alpukat

Buah yang tumbuh di kawasan tropis ini memang memiliki rasa yang lezat dan tekstur yang lembut. Bisa digunakan sebagai minuman ataupun bahan makanan. Rasanya yang sedikit pahit namun gurih seperti mentega ini membuat banyak orang menyukai buah alpukat. Kandungan vitamin E dan anti oksidan yang terkandung dalam buah alpukat adalah zat yang berperan dalam menghilangkan bekas luka di wajah secara alami.

Seringlah membuat masker alpukat, agar bekas luka di wajah dapat hilang tanpa perlu penggunaan obat berbahan kimia.

    Campurkan bahan:

        1 sendok makan madu
        Setengah potong alpukat (hancurkan dagingnya)

8. Masker Lidah Buaya

Lidah buaya memang sudah lama dikenal sebagai bahan alami untuk penyembuhan luka, di wajah dan di bagian tubuh lainnya. Lidah buaya memiliki anti-inflamasi, salah satu sifat yang dapat menyembuhkan luka. Tapi tentu, lidah buaya ini hanya digunakan untuk bekas luka yang sudah benar-benar mengering. Selain itu, lidah buaya juga mengandung moisturizer yang memberikan kelembaban dan sensasi dingin pada kulit.

Cara mengaplikasikannya pun cukup mudah, yaitu ambil satu helai lidah buaya, buka kulit luar hingga terlihat daging lidah buaya yang berwarna transparan. Oleskan secara perlahan pada bekas luka di wajah. Gunakan cara ini rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

9. Masker Wortel

Wortel memang dikenal luas sebagai buah yang banyak mengandung vitamin A dan baik untuk kesehatan mata. Padahal manfaat dari buah wortel tak sampai disitu saja, karena nyatanya buah wortel juga mengandung vitamin C yang cukup banyak, serta mineral yang sangat baik untuk menyembuhkan bekas luka di daerah manapun di tubuh kita.

Cara membuat masker dari wortel pun cukup sederhana, tinggal tuangkan satu sendok teh garam halus pada jus wortel dengan kandungan air yang sedikit. Kemudian gosok secara perlahan pada bekas luka di wajah. Biarkan hingga mengering, dan bilas menggunakan air hangat. Ulangi cara ini setiap hari agar bekas luka cepat menghilang.

10. Masker Minyak Kelapa

Pohon kelapa adalah salah satu pohon yang ajaib, karena setiap bagiannya dapat dimanfaatkan untuk memberi kemudahan pada hidup manusia. Buah kelapa yang digunakan dagingnya untuk masakan dan airnya sebagai salah satu obat penawar racun yang handal. Minyak kelapa, sama seperti minyak zaitun, juga memiliki manfaat lebih dalam bidang kecantikan. Kandungan acid pada minyak kelapa bekerja sebagai anti oksidan yang menghambat radikal bebas, sehingga sangat cocok untuk menghilangkan bekas luka di wajah.

Cukup oleskan sedikit minyak kelapa pada permukaan wajah yang terdapat bekas luka. Gunakanlah cara ini setiap hari, karena jika kamu rajin mengoleskan bekas luka dengan minyak kelapa, maka bekas luka itu pun akan memudar dengan sendirinya.

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah

Meski biasanya bekas luka akan memudar dengan sendirinya dari waktu ke waktu, namun ada juga yang dirasa sangat mengganggu penampilan. Tak heran sebagian orang menjalani prosedur medis demi bisa menghilangkan atau menyamarkannya.

Ada berbagai cara menghilangkan bekas luka di wajah yang bisa ditempuh. Berikut beberapa di antaranya:

    Menggunakan krim atau gel
    Untuk menangani bekas luka yang disebabkan oleh goresan benda tajam, krim, salep atau gel penghilang bekas luka dapat menjadi pilihan. Biasanya krim yang dijual bebas mengandung campuran steroid, vitamin E, dan silikon. Selain kandungan steroid, dokter juga bisa meresepkan obat dengan kandungan antihistamin pada bekas luka yang gatal. Jika bekas luka diakibatkan oleh jerawat, maka disarankan untuk berkonsultasi ke dokter kulit sebelum memakai krim penghilang luka ini.

    Memakai plester gel silikon
    Bekas luka yang menonjol, seperti keloid dan jaringan parut hipertropik, juga bisa dibantu dengan plester gel silikon. Plester gel silikon mampu  mencerahkan dan memperkecil ukuran bekas luka. Anda disarankan untuk memakai plester gel silikon selama 4 jam setiap hari dalam kurun waktu 3 bulan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

    Suntik kolagen
    Untuk menghilangkan bekas luka di wajah, bisa juga dilakukan dengan menyuntikkan kolagen atau bahan pengisi (filler) lainnya. Prosedur ini biasanya bersifat sementara, sehingga perlu dilakukan berulang kali untuk mempertahankan efeknya.

    Suntik kortikosteroid
    Cara menghilangkan bekas luka di wajah akibat keloid atau hipertropik bisa dilakukan dengan suntikan kortikosteroid. Beberapa kali suntikan kecil diberikan pada luka untuk meratakan bekas luka dan mengurangi terjadinya peradangan. Meski prosedur ini biasanya tidak bisa menghilangkan bekas luka secara keseluruhan, namun bisa memperkecil ukurannya secara signifikan.

    Bedah plastik
    Jika luka di wajah disebabkan oleh keloid, maka pembedahan biasanya akan dikombinasikan dengan penyuntikan steroid. Sementara untuk jaringan parut hipertrofik, operasi ini bisa dilakukan tanpa digabung prosedur lainnya. Bedah plastik memang efektif dalam menghilangkan bekas luka yang lama, namun kadang juga bisa menimbulkan bekas luka baru.

    Memakai teknologi laser
    Cara mengurangi bekas luka di wajah yang kini umum dilakukan adalah dengan memakai teknologi laser. Prosedur ini bisa menghilangkan atau mengurangi bekas luka di wajah secara signifikan. Kemungkinan untuk dapat hilang total, akan bergantung pada seberapa parah bekas luka tersebut.

    Radioterapi
    Untuk mengurangi kambuhnya bekas luka keloid dan hipertrofi bekas operasi, radioterapi dalam dosis kecil mungkin bisa membantu. Hanya saja, penggunaan radioterapi ini hanya dikhususkan untuk kasus-kasus yang serius mengingat efek jangka panjangnya yang tidak baik bagi kesehatan.

    Teknik skin needling
    Teknik ini dilakukan dengan cara menggunakan alat yang memiliki ratusan jarum kecil. Hanya saja hal ini harus dilakukan berulang kali agar efektif, dan hasilnya bervariasi tergantung kepada tiap individu.

    Membalut luka
    Cara menghilangkan bekas luka di wajah juga bisa dilakukan dengan membalut bekas luka dengan bahan elastis. Tujuan dari prosedur ini adalah untuk meratakan dan melembutkan bekas luka. Biasanya, prosedur ini dilakukan pada bekas luka bakar yang besar atau setelah seseorang melakukan cangkok kulit. Prosedur ini bisa memakan waktu setengah hingga satu tahun dan balutan luka tidak boleh dilepaskan.

Ada berbagai macam cara menghilangkan bekas luka di wajah yang bisa menjadi pilihan. Anda dapat memilih jenis perawatan dengan bijak dan sesuai kebutuhan. Pastikan pula bahwa segala tindakan yang Anda ambil, berada di bawah pengawasan dokter kulit untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan tetap aman.

4 Metode untuk Hilangkan Bekas Luka Pada Wajah

Wajah merupakan daerah yang sangat sulit untuk ditutupi. Tidak mudah untuk melindungi luka di wajah selama masa penyembuhan, dan tentu saja sangat sulit untuk menjaga salep atau krim wajah untuk tetap melekat pada wajah. Akan tetapi, kabar baiknya adalah, terdapat berbagai alternatif yang dapat Anda pilih untuk menghilangkan bekas luka pada wajah. Anda dapat membaca keuntungan dan kerugian dari masing-masing metode dan mendiskusikannya dengan dokter kulit Anda.
1. Dermabrasi

Dermabrasi adalah salah satu dari banyak cara yang paling efektif dan popular untuk menghilangkan bekas luka pada wajah. Perawatan ini hanya dapat dilakukan khusus oleh dokter kulit atau dermatologis. Sebuah sikat besi atau roda besi akan digunakan untuk mengelupas lapisan teratas dari kulit Anda.

Melalui metode ini, sekitar 50% dari bekas luka Anda dapat berkurang. Akan tetapi, teknik ini dapat menjadi tidak nyaman bagi sebagian orang. Bagi Anda yang berkulit wajah sensitif atau memiliki kelainan autoimun, Anda mungkin sebaiknya memilih alternatif lain.

Beberapa komplikasi yang dapat muncul dari teknik ini adalah infeksi, kulit wajah yang lebih gelap, kemerahan, dan bengkak.
2. Peeling kimiawi

Peeling adalah teknik pengelupasan dengan bahan kimia menggunakan asam lemah yang dioleskan pada kulit wajah. Sebagai hasilnya, bagian atas dari kulit wajah yaitu lapisan epidermis akan mengelupas dan mengekspos lapisan kulit yang lebih baru.

Terdapat tiga jenis teknik:

    Deep peel: Teknik ini menggunakan fenol dan merupakan jenis yang paling banyak digunakan karena dapat menembus hingga bagian kulit yang lebih dalam. Metode ini biasa membutuhkan hingga 3 minggu untuk sembuh. Kulit Anda akan diperban dan harus diganti beberapa kali dalam sehari.
    Superficial peel: Teknik ini memberikan efek yang lebih ringan dan dapat memperbaiki kelainan warna kulit akibat luka kecil.
    Medium peel: Teknik ini biasa menggunakan asam glikolat dan digunakan untuk perawatan anti-aging.

Peeling kimiawi merupakan perawatan kulit yang populer dan dapat dijumpai di mana-mana. Selain itu, metode ini juga dapat menghilangkan bercak penuaan dan keriput pada wajah. Hasilnya, kulit Anda akan terlihat lebih halus dan muda. Akan tetapi, teknik ini dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap matahari sehingga dapat menyebabkan luka bakar. Oleh karena itu, metode ini kurang cocok bagi Anda yang berkulit sensitif, terutama jika Anda memiliki riwayat eksim. Jika Anda memiliki penyakit psoriasis dan rosacea, Anda juga tidak dianjurkan menggunakan teknik ini karena dapat memperparah gejala penyakit Anda.

Peeling kimiawi juga tidak dianjurkan bagi wanita hamil dan menyusui. Selain itu teknik ini kurang memberikan hasil yang memuaskan bagi Anda yang berkulit gelap.
3. Laser

Teknik ini memiliki tujuan yang sama seperti peeling dan dermabrasi, yaitu membuang lapisan teratas kulit. Namun, berbeda dari kedua metode sebelumnya, metode ini menggunakan sinar laser untuk membuang lapisan kulit.

Terdapat dua jenis laser, yaitu erbium dan karbon dioksida. Erbium merupakan metode yang paling aman untuk wajah, namun karbon dioksida merupakan yang paling efektif untuk mengatasi bekas luka. Setelah Anda menjalani prosedur ini, wajah Anda akan diperban hingga benar-benar sembuh.

Kelebihan teknik ini adalah, waktu penyembuhannya yang relatif singkat dibandingkan teknik lain yaitu sekitar 3-10 hari. Sedangkan kerugiannya adalah teknik ini dapat menimbulkan infeksi, bekas luka baru, dan kelainan pigmentasi. Laser juga tidak dianjurkan bagi Anda yang sedang berjerawat dan  memiliki kulit gelap.
4. Operasi plastik

Metode ini merupakan yang paling invasif dibandingkan dengan metode-metode sebelumnya. Melalui operasi, jaringan parut atau bekas luka akan diangkat dengan pisau. Untuk menjalani prosedur ini, Anda perlu berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter bedah plastik. Metode ini biasanya memiliki hasil yang lebih baik dibandingkan metode lain. Akan tetapi, biaya diperlukan juga sangat tinggi. Selain itu salah satu komplikasi yang dapat timbul adalah munculnya infeksi setelah operasi.
Bagaimana mencegah munculnya bekas luka pada wajah?

Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati. Merawat luka dengan baik dapat meminimalisir terbentuknya bekas luka di kemudian hari. Jika Anda memiliki luka pada wajah, pastikan agar luka tersebut tetap bersih. Anda dapat mengoleskan minyak ter atau vaseline untuk menjaga agar luka Anda tetap lembab.

Menggunakan tabir surya juga dapat mencegah timbulnya bekas luka saat luka Anda sudah sembuh. Dengan mengoleskan tabir surya setiap hari, Anda mencegah luka Anda menjadi coklat atau merah akibat paparan sinar matahari. Pastikan juga tabir surya yang Anda gunakan memiliki SPF 30 atau lebih.

Terdapat banyak pilihan untuk mengobati bekas luka, namun tentu saja pilihan berada di tangan Anda. Banyak hal yang dapat mempengaruhi, seperti biaya, risiko, dan jenis bekas luka. Anda sebaiknya berkonsultasi terhadap dokter kulit untuk membantu Anda memilih terapi yang tepat. Penting juga untuk diingat,  bahwa sebagian besar bekas luka bersifat permanen. Jadi, walaupun perawatan dapat mengurangi bekas luka, namun belum tentu perawatan tersebut dapat menghilangkan bekas luka Anda seluruhnya.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Yang Menghitam
Apakah anda memiliki bekas luka yang menghitam? Apakah anda ingin menghilangkan bekas luka yang menghitam di area kulit yang terbuka ? jika jawabnya iya, berarti anda masih bisa memberikan penilaian. Pada dasarnya, bekas luka yang terjadi pada area kulit yang terbuka, baik pada wanita maupun laki-laki tentu akan mengganggu penampilan anda.
bahkan karena adanya bekas luka terutama di wajah ini sebagian wanita rela untuk melakukan berbagai cara untuk menghilangkan bekas luka di wajah diantaranya rela untuk melakukan operasi plastik atau terapi laser demi mewujudkan wajah yang mulus kembali.
Jika dibiarkan saja, sebenarnya bekas luka akan menghilang sendiri, tetapi hilangnya bekas luka tersebut membutuhkan waktu yang lama hingga tahunan. Nah bagi anda yang ingin menghilangkan bekas luka, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat anda gunakan:
1. Mentimun
Cara pertama untuk menghilangkan bekas luka yang menghitam adalah dengan menggunakan mentimun. Mentimun yang biasa anda gunakan sebagai lalapan, ternyata sudah lama digunakan sebagai masker alami dan obat untuk menghilangkan bekas luka. jika anda memiliki masalah seputar wajah anda seperti jerawat, bekas jerawat, hingga bekas luka maka dapat di atasi dengan mentimun.
Mentimun yang kaya dengan kandungan vitamin C nya ini bisa memperkuat kulit dan memperbaiki sel-sel yang rusak karena luka. Selain itu mentimun dengan kandungannya berupa potasium bisa menangkal efek radikal bebas. Kandungan air yang banyak pada mentimun juga sangat baik untuk menjaga kelembaban kulit terutama pada bagian wajah.
kandungan lain dalam mentimun adalah zat Silika, dimana zat ini mampu untuk meningkatkan produksi kolagen dan membantu mencegah keriputan pada kulit. Sekarang ini sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan bahan alami dari buah mentimun ini. Untuk mendapatkan manfaat dari mentimun ini dalam menghilangkan bekas luka yang menghitam di wajah, anda bisa menjadikannya masker mentimun yang nantinya anda oles pada bekas luka di wajah anda.

2. Minyak Zaitun
Cara selanjutnya untuk menghilangkan bekas luka yang menghitam adalah dengan menggunakan minya zaitun. Minyak Zaitun yang dikenal dengan Olive oil ini selain digunakan sebagai bahan baku makanan, ternyata ia juga berkhasiat untuk kecantikan kulit.
Bahkan minyak zaitun ini dapat menghilangkan bekas luka. Minyak Zaitun sudah lama dikenal memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan maupun untuk lainya, maka tidak pelru anda heran jika sekarang ini banyak produsen kecantikan yang membuat produk kecantikannya dengan bahan batu minyak zaitun ini.
Untuk mendapatkan manfaat dari minyak zaitun ini dalam menghilangkan bekas luka yang menghitam di wajah, anda bisa menjadikannya minyak zaitun sebagai masker minyak zaitun yang nantinya anda oles pada bekas luka di wajah anda.

3. Lidah buaya
Cara selanjutnya untuk menghilangkan bekas luka yang menghitam adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah Buaya yang dikenal dengan Aloe vera merupakan tanaman yang banyak bermanfaat untuk kesehatan termasuk untuk membasmi permasalahan jerawat, mengatasi luka dan bekasnya.
Aloe vera juga banyak digunakan di berbagai produk kecantikan alami dan tanpa bahan kimia. Untuk mendapatkan manfaat dari lidah buaya ini dalam menghilangkan bekas luka yang menghitam di wajah, anda bisa menjadikannya gel lidah buaya sebagai masker lidah buaya yang nantinya anda oles pada bekas luka di wajah anda
Loading...

Belum ada Komentar untuk "34+ Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah yang Sudah Lama Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel