Begini Cara Menghilangkan Bekas Luka Gigitan Nyamuk yang Sudah Lama - BEKAS BINTIK HITAM
Loading...

Begini Cara Menghilangkan Bekas Luka Gigitan Nyamuk yang Sudah Lama

Loading...
Loading...
Begini Cara Menghilangkan Bekas Luka Gigitan Nyamuk yang Sudah Lama. Gatal karena digigit nyamuk rasanya memang menyebalkan. Belum lagi penampakan bentolnya sangat menganggu penampilan. Lantas, adakah cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang tampak mengganggu pemandangan ini?

Kenapa bisa timbul bentol merah setelah digigit nyamuk?
Tidak banyak yang tahu bahwa yang suka menggigit manusia hanyalah nyamuk betina. Nutrisi yang ada di dalam darah kita menjadi makanan yang baik untuk calon anak-anaknya nanti.

Nah setelah menusuk kulit dengan ujung moncong tajamnya, nyamuk akan mengeluarkan air liur untuk menjaga darah agar tidak cepat menggumpal sehingga lebih mudah diisap. Air liur nyamuk tersebut mengandung enzim dan protein asing sehingga dianggap membahayakan oleh tubuh kita. Sebagai upaya untuk memberantas zat asing itu, sistem imun akan memproduksi histamin dalam jumlah banyak.

Kadar histamin yang berlebihan dalam tubuh akan meningkatkan aliran darah dan jumlah sel darah putih di sekitar area gigitan nyamuk. Akibatnya menyebabkan peradangan dan pembengkakan kulit, khas bentol gigitan nyamuk.
4 Langkah Tepat Menghilangkan Bentol Merah Bekas Gigitan Nyamuk



Bagaimana cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk? Bintik atau bentol merah pada kulit usai digigit nyamuk adalah reaksi yang wajar. Sayangnya, rasa gatalnya kadang bisa sangat mengganggu yang akhirnya tanpa sadar membuat Anda terus-menerus menggaruknya.

Padahal, menggaruk kulit yang kena gigitan nyamuk justru bisa semakin membuatnya gatal hingga menyebabkan luka yang susah hilang. Terlebih bila Anda punya kulit sensitif. Namun jangan khawatir! Ikut langkah-langkah di bawah ini untuk menghilangkan bentol bekas gigitan nyamuk dengan cepat:

1. Cuci dengan air dan sabun
Segera setelah muncul bentol habis digigit nyamuk, cuci area bentol merahnya dengan sabun dan air hangat. Anda juga bisa tempelkan kompres dingin (masukkan beberapa buah es batu ke dalam plastik dan balut dengan handuk tipis) ke kulit Anda untuk membantu menghilangkan rasa gatalnya.

Anda juga dapat menggunakan penghilang rasa sakit, obat antihistamin, atau krim antigatalyang dijual bebas untuk meredakan gatalnya. Semakin cepat Anda mengobati bekas gigitannya, maka semakin kecil kemungkinan bekasnya muncul dan lebih mudah dihilangkan.  

2. Oleskan dengan minyak atau krim vitamin E
Setelahnya, lanjutkan dengan mengoleskan minyak atau krim yang mengandung vitamin E minimal dua kali sehari. Vitamin E dapat mengurangi kemerahan sekaligus mempercepat penyembuhan iritasi kulitnya.

Jika di rumah tidak ada krim vitamin E, Anda bisa menggunakan madu. Sifat antiradang alami dari madu juga dapat membantu menyembuhkan luka, mengurangi peradangan, dan mencegah infeksi. Jangan terlalu lama meninggalkan madu di atas kulit. Setelah dirasa cukup lama, segera bilas hingga bersih.

Alternatif lainnya adalah dengan rutin mengoleskan gel lidah buaya yang sudah terbukti dapat mengurangi peradangan, menenangkan kulit gatal, dan mempercepat penyembuhan.

3. Pakai masker buah
Jika tidak dirawat dengan baik, bekas gigitan nyamuk bisa menggelap seperti bekas jerawat. Anda bisa membantu mencegah perubahan warna kulit di bekas gigitan nyamuk dengan memakai masker alami dari buah tomat, lemon, atau pepaya yang ditumbuk halus. Kandungan dari buah-buahan ini diyakini bisa mencerahkan kulit. Pilih salah satu buah saja, dan oleskan masker dua kali sehari sekitar 10 menit.

4. Pakai krim dari dokter
Jika beka gigitannya cukup besar, menimbulkan luka, menyebabkan perubahan warna kulit yang lumayan kontras, atau tidak mempan dirawat dengan cara-cara rumahan di atas, dokter mungkin akan meresepkan krim kortikosteroid atau retinoid untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk di kulit Anda.

Cara Mudah Menghilangkan Bekas Hitam Gigitan Nyamuk

Ketika bepergian ke tempat yang ternyata banyak nyamuk, tidak jarang Minasan pulang dengan bekas gigitan nyamuk di kaki maupun tangan. Ini bisa jadi bencana untuk wanita jika bekas gigitan nyamuk menghitam dan tidak bisa hilang. Cari tahu cara mudah menghilangkan bekas gigitan nyamuk.

Gunakan Cuka Sari Apel
Masukkan 2-3 cangkir cuka dalam bak air hangat untuk mengobati semua gigitan. Minasan juga bisa meneteskan cuka pada kapas lalu dioleskan pada bekas gigitan. Lebih baik lagi jika menggunakan cuka sari apel.

Air Mandi Baking Soda
Berendamlah dalam air mandi yang dicampur baking soda, dengan perbandingan 1:3. Campuran ini membantu mengatasi rasa gatal hingga iritasi kulit.

Susu Segar & Air
Celupkan kain ke dalam campuran susu segar dan air, lalu kompreskan pada bekas gigitan nyamuk.

Campuran Air & Madu
Madu baik untuk meredakan radang pada kulit. Campur air dan madu dengan perbandingan 1:3, lalu celupkan cotton bud, dan oleskan pada bintik-bintik bekas gigitan nyamuk

Gunakan Irisan Bawang Putih
Iris melintang bawang putih, lalu letakkan pada bekas gigitan nyamuk. Selain bisa membantu mengurangi rasa gatal akibat gigitan nyamuk, bawang putih juga bisa membantu mengatasi luka pada kulit. Diamkan selama 20-30 menit, lalu aplikasikan lagi keesokan harinya.

Pasta Gigi Dengan Pemutih
Pasta gigi dengan kandungan pemutih dapat menghilangkan bekas luka. Oleskan sesering mungkin pada bagian bekas luka yang ingin dihilangkan. Diamkan selama 15-30 menit secara rutin. Bersihkan dengan air hangat.

Seduh Teh Hijau Asli
Seduh teh hijau dengan air hangat, biarkan 5-10 menit hingga polifenolnya benar-benar larut, kemudian usapkan ke bintik hitam kulit. Gunakan teh hijau seduh yang asli yang tidak menggunakan gula dan pengawet, karena dapat mengurangi khasiat teh hijau.

Jus Kentang Sebagai Pemutih
Kentang memiliki efek pemutih alami. Buatlah jus kentang lalu usapkan pada bekas gigitan nyamuk. Bilas jika sudah kering dan meresap pada kulit.

Shea Butter Menyamarkan Bekas
Shea butter dapat mengurangi 30% melanin pada kulit yang mengalami bintik hitam. Shea butter menyamarkan sampai melenyapkan bintik hitam kulit baik disebabkan oleh gigitan nyamuk, luka, atau bekas cacar atau chicken pox.

Oleskan Gel Lidah Buaya
Oleskan sedikit gel lidah buaya pada kulit yang tergigit oleh nyamuk. Lakukan secara rutin dan bekas gigitan akibat nyamuk akan memudar perlahan-lahan.

Gunakan Minyak Vitamin E
Minyak vitamin E dapat ditemukan pada kapsul vitamin E yang telah dibuang kulit luarnya, lalu diberi beberapa tetes minyak kelapa. Oleskan campuran ini secara rutin setiap malam.

Begini Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

Reaksi alergi terhadap gigitan serangga dapat dibedakan menjadi reaksi normal, reaksi lokal luas, dan reaksi serius. Reaksi normal ditandai dengan area bekas gigitan yang terasa sakit, bengkak, dan memerah. Pada reaksi lokal luas, gejala alergi meluas alias tidak hanya terjadi di area bekas gigitan saja.

Sementara itu, reaksi serius biasanya membutuhkan pertolongan medis secepatnya. Tanda-tanda reaksi alergi parah di antaranya adalah sesak napas, wajah dan mulut membengkak, jantung berdenyut cepat, pening, susah menelan, mengi, atau bisa juga merasa lemas.

Reaksi alergi berat memang dapat dipicu oleh gigitan atau sengatan serangga, namun sangat jarang terjadi akibat gigitan nyamuk. Gigitan nyamuk umumnya menyebabkan bentol gatal yang biasanya akan hilang dalam beberapa jam. Namun, dapat pula hingga beberapa hari. Bila Anda atau anak bermain di luar ruangan dan digigit nyamuk, berikut adalah beberapa cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk.

Penanganan segera
Untuk mengurangi bengkak dan gatal, Anda bisa memberi kompres dingin atau hangat pada bagian tubuh yang tergigit nyamuk. Obat oles seperti bedak kocok kalamin atau salep antiradang juga dapat membantu. Sementara itu, reaksi alergi yang lebih serius mungkin akan membutuhkan pil antihistamin sesuai resep dokter.

Jangan menggaruk
Hindari menggaruk bekas gigitan nyamuk, apalagi dengan kasar. Garukan dapat membuat kulit terluka dan mengundang infeksi. Bila tidak tahan untuk menggaruk, berbagai cara berikut bisa dilakukan untuk menyiasatinya, yaitu:
Menempelkan plester pada bekas gigitan nyamuk agar Anda atau anak tidak menggaruk kulit secara langsung, terutama ketika tidur di malam hari.

Mengoleskan madu pada bekas gigitan nyamuk untuk mencegah infeksi, karena madu mengandung antiseptik.
Mengoleskan lidah buaya atau gel lidah buaya untuk meringankan peradangan. Agar lebih nyaman, gunakan lidah buaya yang sudah didinginkan.
Mengoleskan alkohol untuk mengusir rasa gatal. Bila tidak ada alkohol, sedikit hand sanitizer juga bisa digunakan karena biasanya mengandung alkohol.
Mandi

Anda juga disarankan mandi dengan air dingin tanpa menggunakan sabun. Usapkan larutan air yang dicampur dengan soda kue juga dapat membantu meredakan gatal dan bengkak akibat gigitan nyamuk.
Jika cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk di atas masih belum efektif, segera cari bantuan medis, terlebih bila mengalami reaksi serius yang penyebabnya dirasa bukan alergi. 

Reaksi serius tersebut dapat berupa mual atau muntah, kelelahan, sesak napas, demam, sakit kepala berat, kebingungan, nyeri di seluruh tubuh, serta melemahnya otot pada salah satu sisi tubuh akibat gangguan saraf.

Agar Gigitan Nyamuk Tidak Berbekas
Bentol karena gigitan nyamuk bisa bertahan hingga beberapa hari, tergantung sistem kekebalan tubuh dan ukuran bentol. Jika terasa gatal dan sering digaruk, bentol justru akan semakin lama sembuh. Setelah kempes, bentol karena gigitan nyamuk bisa meninggalkan bekas hitam kecil, terutama pada jenis kulit yang sensitif. Agar gigitan nyamuk tidak berbekas hitam, oleskan krim yang mengandung vitamin C, E, atau niacinamide pada bekas gigitan. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya dengan SPF 30 jika kita ingin keluar rumah.

Cara Mudah Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

Kulit sehat dan mulus pasti menjadi dambaan semua orang. Sayangnya, sering kali ada masalah kecil yang membuat kulit kecantikan terganggu. Salah satu yang paling sulit dihindari adalah gigitan nyamuk. Selain menimbulkan iritasi kulit dan rasa gatal yang mengganggu, bekas gigitan nyamuk cenderung sulit hilang. Apalagi jika sering digaruk ketika terasa gatal.

Anda tak perlu kerepotan lagi menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Beberapa cara mudah ini Anda lakukan agar kulit kembali mulus.


Oleskan Vaseline Petroleum Jelly

Manfaat Vaseline Petroleum Jelly Original untuk kesehatan kulit tentu tak perlu diragukan lagi. Produk Vaseline ini mengandung 100% petroleum jelly murni yang diproses dengan tiga kali tahap pemurnian. Vaseline Jelly terbukti ampuh mengatasi iritasi kulit dan sejumlah masalah lainnya. Jika Anda mengoleskan Vaseline Jelly secara teratur, bekas gigitan nyamuk akan lebih mudah tersamarkan. Warna kulit Anda pun akan kembali merata dan membuat Anda percaya diri.

Gunakan Madu Murni

Jangan menyepelekan khasiat madu murni untuk kesehatan kulit. Ini karena madu mengandung protein, vitamin C, potasium, dan sejumlah nutrisi penting lainnya. Khasiat madu dapat berperan sebagai antiseptik alami bagi kulit. Anda cukup mengoleskan madu murni secara teratur pada permukaan kulit yang digigit nyamuk. Kulit akan terasa lebih lembap dan bekas gigitan nyamuk pun cepat hilang.

Manfaat Daging Lidah Buaya

Sudah jadi rahasia umum bahwa lidah buaya mengandung vitamin A, C, E, asam folat, serta sejumlah mineral lainnya. Kandungan air pada daging lidah buaya bisa berfungsi sebagai pelembap alami dan antiperadangan karena kaya antioksidan. Inilah yang membuat lidah buaya sangat bermanfaat untuk mengatasi bekas gigitan nyamuk.

Cara penggunaannya juga sangat praktis. Oleskan daging lidah buaya pada bekas gigitan nyamuk di permukaan kulit. Lakukan hal ini secara teratur dua kali sehari supaya warna kulit Anda lekas kembali seperti semua.

Susu Cair Juga Efektif

Susu segar juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Anda bisa mendapatkan asupan protein, vitamin D, kalsium, dan jenis nutrisi lainnya bila mengonsumsi susu secara teratur. Karena itu, mengoleskan susu cair segar pada bekas gigitan nyamuk ternyata bisa mengurangi rasa gatal sekaligus menyamarkannya. Tak perlu lagi berurusan dengan bekas gigitan nyamuk yang sulit hilang bila rutin mengoleskan susu cair.

Pepaya dan Tomat

Pepaya dan tomat merupakan buah yang kaya kandungan antioksidan. Keduanya sama-sama kaya vitamin C yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Jadi, Anda bisa memanfaatkan kedua buah tersebut untuk membuat masker alami.

Oleskan masker tomat dan pepaya secara merata pada bekas gigitan nyamuk di kulit Anda. Diamkan selama 15 menit agar kulit menyerap semua nutrisi pepaya dan tomat; bilas dengan air hangat untuk menghilangkan sisa maskernya. Warna kulit Anda akan tampak lebih cerah dan bekas gigitan nyamuk berangsur-angsur hilang. Bonusnya, kulit akan terasa lebih lembap dan elastis.

5 Bahan Alami Ini Mampu Hilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

GIGITAN nyamuk jangan diobati dengan cara sembarangan. Karena bisa mengakibatkan kulit lecet yang bisa memicu infeksi. Saat digigit nyamuk pasti akan meninggalkan bekas kulit memerah. Rasanya juga sangat gatal, yang membuat Anda tidak nyaman.

Anda bisa menggunakan bahan alami untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan cara aman.  berikut adalah 5 bahan alami yang bisa membantu mengembalikan kulit supaya mulus usai digigit nyamuk. Simak dulu yuk ulasannya!

Lemon

Air perasaan lemon dan kulitnya mengandung sifat anti-inflamasi, yang juga bisa menjaga estetika secara alami. Tak salah, ketika Anda baru saja digigit nyamuk lalu mengoleskan air lemon yang nyaman. Kulit juga jadi tidak bentol dan meninggalkan warna kemerahan.

Bawang putih cincang

Bawang putih cincang juga ampuh membantu mengurangi pembengkakan, serta menghilangkan rasa gatal akibat gigitan nyamuk yang mematikan. Bawang putih bersifat anti-inflamasi yang penting untuk menjaga kesehatan kulit. Oleskan pula bawang putih cincang di bagian kulit yang digigit nyamuk. Efeknya baik, karena tidak meninggalkan bekas luka yang memburuk.

Garam

Garam adalah obat rumahan yang mudah untuk menyembuhkan gigitan nyamuk. Sama kandungannya yakni bersifat antiseptik dan anti-inflamasi. Buatlah pasta dengan menggunakan sedikit garam dan air. Lalu, oleskan di area bekas gigitan nyamuk tersebut.

Es batu

Es batu juga membantu menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Itu karena suhu dingin membatasi distribusi zat peradangan di daerah bekas gigitan, sehingga bisa hilang dengan instan. Cara mengaplikasikannya yakni bungkus es di kain. Lalu oleskan di daerah yang terkena gigitan sekira 10-15 menit.

Minyak kelapa

Kalau punya stok minyak kelapa di rumah, Anda juga bisa melindungi kulit agar tidak digigit nyamuk. Karena minyak kelapa mengandung tinggi asam lemak dan polifenol di dalamnya. Senyawa ini menunjukkan khasiat anti-inflamasi yang bisa mencegah gatal dari gigitan nyamuk
Loading...

Belum ada Komentar untuk "Begini Cara Menghilangkan Bekas Luka Gigitan Nyamuk yang Sudah Lama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel