10+ Cara Menghilangkan Bekas Luka Menghitam di Wajah Terampuh - BEKAS BINTIK HITAM
Loading...

10+ Cara Menghilangkan Bekas Luka Menghitam di Wajah Terampuh

Loading...
Loading...
Cara Menghilangkan Bekas Luka Menghitam di Wajah Terampuh. Punya luka yang berubah menjadi hitam? Pasti bikin kita jadi enggak pede kan. Nah, enggak perlu khawatir kita masih bisa menghilangkannya dengan bahan-bahan alami ini, dijamin bisa hilang dengan cepat.

Ini dia 5 cara menghilangkan bekas luka yang menghitam dengan cepat.



Mentimun

Mentimun memiliki kandungan vitamin C yang dapat memperbaiki sel-sel yang rusak karena luka. Selain itu zat potasiumnya bisa menangkal radikal bebas yang merusak kulit. Mentimun juga memiliki zat silica yang dapat memproduksi kolagen. Cara menggunakannya cukup mudah hanya dengan menjadikan mentimun sebagai masker yang dioleskan pada bekas luka.

Lidah Buaya

Lidah buaya bukan hanya digunakan sebagai penenang kulit tetapi juga menghilangkan bekas luka yang menghitam. Lidah buaya mengandung zat asam yang dinamakan asam amino dan lignin yang berguna untuk merangsang tumbuhnya sel-sel kulit yang baru. Caranya dengan mengoleskan cairan lidah buaya pada luka yang meghitam.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis sudah sejak lama dipercaya dapat mencerahkan kulit dan menghilang noda-noda hitam bekas luka dan jerawat. Jeruk nipis memiliki kandung vitamin yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati. Cara menggunakannya dengan mengoleskan jeruk nipis pada bagian yan luka.

Madu

Madu memiliki zat yang antibiotik yang bisa menangkal racun. Madu dipercaya dapat untuk menghilangkan luka dengan cepat dan bikin kulit jadi lebih cerah. Cara menggunakannya dengan mencampurkan madu dengan minyak zaitu kemudian oleskan pada bagian bekas luka yang menghitam.

Beras kencur

Beras kencur yang sering kita dengan biasanya jadi salah satu jamu yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Tapi campuran beras dan kencur ini sudah dipercaya sejak zaman dahulu sebagai penghilang bekas luka lho. Caranya dengan menumbuk beras dan kencur kemudian tambahkan sedikit air dan oleskan pada bekas kulit yang luka.

4 Jenis Obat untuk Menghilangkan Bekas Luka, dari Krim Sampai Antibiotik

Bekas luka bisa timbul dari jerawat, luka bakar, atau luka lainnya yang kemudian menyebabkan trauma pada kulit Anda. Untuk menghilangkan bekas luka pada dasarnya butuh waktu yang lama, tergantung dari keparahan luka yang Anda alami itu sendiri. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa obat yang membantu menghilangkan bekas luka dan bisa didapat di apotek atau toko obat. 

Krim dan obat untuk menghilangkan bekas luka
Menurut American Academy of Dermatology, luka merupakan kondisi pembentukan jaringan parut pada kulit yang sebenarnya merupakan bagian dari proses penyembuhan kulit itu sendiri. Namun, terkadang ada beberapa bekas luka yang membandel sehingga mengganggu penampilan seseorang. Untuk menghilangkan bekas luka, ada baiknya Anda konsultasikan dulu ke dokter. Dokter akan meresepkan krim, perawatan atau obat minum mana yang cocok sesuai kebutuhan dan tujuan Anda,

1. Tretinoin
Tretinoin atau Retin-A merupakan salah satu krim obat yang dibuat dari vitamin A. Menurut University of Maryland Medical Center, vitamin A dapat membantu menyembuhkan bekas luka dan membantu pertumbuhan kulit baru.

Tretinoin juga sering diresepkan untuk mengatasi keriput, bintik-bintik penuaan, dan yang pasti bekas luka. Tretinoin bisa membantu kulit Anda menghasilkan kolagen, yang mana berperan penting untuk menutup jaringan parut bekas luka. Namun, kembali lagi pada ukuran, kedalaman, dan warna pada bekas luka yang Anda miliki.

Dokter mungkin akan menyarankan untuk krim yang mengandung tretinoin setidaknya dua kali seminggu atau lebih sering. Perlu diperhatikan juga, bahwa tretinoin dapat menyebabkan kulit jadi sensitif terhadap sinar matahari. Untuk itu, disarankan bagi Anda untuk menggunakan krim yang mengandung tretinoin di malam hari sebelum tidur guna mengurangi risiko pada kulit akibat paparan sinar matahari.

2. Maderma
Maderma adalah salah satu merek obat yang disetujui untuk dalam menghilangkan bekas luka oleh American Academy of Dermatology. Maderma ini mengandung PEG-4, lidah buaya, dan ekstrak bawang yang bermanfaat baik untuk kulit. Maderma juga bisa membantu melindungi kulit Anda dari sinar matahari, dengan formulasi dengan SPF 30.

Menurut American Academy of Dermatology, Maderma bisa melindungi kulit Anda secara efektif dari sinar matahari, oleskan ke kulit Anda setidaknya setengah jam sebelum pergi ke luar rumah. Jika Anda berada di luar untuk waktu yang lama atau terlibat dalam aktivitas air, American Academy of Dermatology merekomendasikan untuk mengoleskan kembali obat ini pada bekas luka atau bagian tubuh lainnya setiap dua jam untuk menghilangkan bekas luka secara cepat.

3. Obat yang mengandung hydroquinone
Hydroquinone adalah salah satu zat yang umumnya digunakan untuk memutihkan kulit. Selain itu, hydroquinone juga bisa meringankan munculnya bekas luka. Obat yang mengandung Hydroquinone, biasanya tersedia di apotek atau toko obat dengan takaran sebanyak 2 persen di tiap kemasan dengan merek yang berbeda.

Untuk luka atau kekuatan yang lebih kuat, dokter kulit Anda bisa memberi resep hydroquinone dengan takaran hingga 4 persen. Karena krim ini memiliki efek pencerah kulit, ia juga bisa berfungsi untuk memudarkan bintik-bintik bekas luka dan bintik-bintik penuaan. Saat menggunakan hydroquinone, hindari kontak dengan sinar matahari atau gunakan tabir surya jika beraktivitas di luar ruangan.

Perlu diingat juga, bahwa hydroquinone mengandung sodium metabisulphite, yang dapat menyebabkan reaksi alergi yang parah bagi orang dengan kulit sensitif. Saat memakai hydroquinone, hindari pemakaian produk yang mengandung hidrogen peroksida dan benzoyl peroxide karena dapat bereaksi dan menyebabkan noda gelap di kulit.

4. Obat antibiotik minum
Khusus untuk bekas luka yang disebabkan karena jerawat, mulai dari yang sedang sampai parah, Anda mungkin memerlukan obat antibiotik minum (oral) untuk mengurangi bakteri dan melawan peradangan dari dalam tubuh. Biasanya dokter akan mengobati jerawat dengan memberikan resep adalah tetrasiklin.

Perlu diingat, ketika minum obat antibiotik untuk menghilangkan bekas luka, Anda tidak boleh terus menerus mengonsumsinya dalam jangka panjang. Hal ini bisa menyebabkan tubuh mengalami resistensi atau kebal pada antibiotik.

Antibiotik paling baik digunakan dengan retinoid topikal dan peroksida benzoil. Studi telah menemukan bahwa menggunakan peroksida benzoil topikal bersama dengan antibiotik oral dapat mengurangi risiko pengembangan resistensi antibiotik. Antibiotik dapat menyebabkan efek samping, seperti sakit perut dan pusing. Obat ini juga meningkatkan kulit jadi sensitif pada sinar matahari.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Yang Menghitam

Apakah anda memiliki bekas luka yang menghitam? Apakah anda ingin menghilangkan bekas luka yang menghitam di area kulit yang terbuka ? jika jawabnya iya, berarti anda masih bisa memberikan penilaian. Pada dasarnya, bekas luka yang terjadi pada area kulit yang terbuka, baik pada wanita maupun laki-laki tentu akan mengganggu penampilan anda.
bahkan karena adanya bekas luka terutama di wajah ini sebagian wanita rela untuk melakukan berbagai cara untuk menghilangkan bekas luka di wajah diantaranya rela untuk melakukan operasi plastik atau terapi laser demi mewujudkan wajah yang mulus kembali.

Jika dibiarkan saja, sebenarnya bekas luka akan menghilang sendiri, tetapi hilangnya bekas luka tersebut membutuhkan waktu yang lama hingga tahunan. Nah bagi anda yang ingin menghilangkan bekas luka, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat anda gunakan:

1. Mentimun
Cara pertama untuk menghilangkan bekas luka yang menghitam adalah dengan menggunakan mentimun. Mentimun yang biasa anda gunakan sebagai lalapan, ternyata sudah lama digunakan sebagai masker alami dan obat untuk menghilangkan bekas luka. jika anda memiliki masalah seputar wajah anda seperti jerawat, bekas jerawat, hingga bekas luka maka dapat di atasi dengan mentimun.

Mentimun yang kaya dengan kandungan vitamin C nya ini bisa memperkuat kulit dan memperbaiki sel-sel yang rusak karena luka. Selain itu mentimun dengan kandungannya berupa potasium bisa menangkal efek radikal bebas. Kandungan air yang banyak pada mentimun juga sangat baik untuk menjaga kelembaban kulit terutama pada bagian wajah.

kandungan lain dalam mentimun adalah zat Silika, dimana zat ini mampu untuk meningkatkan produksi kolagen dan membantu mencegah keriputan pada kulit. Sekarang ini sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan bahan alami dari buah mentimun ini. Untuk mendapatkan manfaat dari mentimun ini dalam menghilangkan bekas luka yang menghitam di wajah, anda bisa menjadikannya masker mentimun yang nantinya anda oles pada bekas luka di wajah anda.

2. Minyak Zaitun
Cara selanjutnya untuk menghilangkan bekas luka yang menghitam adalah dengan menggunakan minya zaitun. Minyak Zaitun yang dikenal dengan Olive oil ini selain digunakan sebagai bahan baku makanan, ternyata ia juga berkhasiat untuk kecantikan kulit.

Bahkan minyak zaitun ini dapat menghilangkan bekas luka. Minyak Zaitun sudah lama dikenal memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan maupun untuk lainya, maka tidak pelru anda heran jika sekarang ini banyak produsen kecantikan yang membuat produk kecantikannya dengan bahan batu minyak zaitun ini.

Untuk mendapatkan manfaat dari minyak zaitun ini dalam menghilangkan bekas luka yang menghitam di wajah, anda bisa menjadikannya minyak zaitun sebagai masker minyak zaitun yang nantinya anda oles pada bekas luka di wajah anda
.
3. Lidah buaya
Cara selanjutnya untuk menghilangkan bekas luka yang menghitam adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah Buaya yang dikenal dengan Aloe vera merupakan tanaman yang banyak bermanfaat untuk kesehatan termasuk untuk membasmi permasalahan jerawat, mengatasi luka dan bekasnya.

Aloe vera juga banyak digunakan di berbagai produk kecantikan alami dan tanpa bahan kimia. Untuk mendapatkan manfaat dari lidah buaya ini dalam menghilangkan bekas luka yang menghitam di wajah, anda bisa menjadikannya gel lidah buaya sebagai masker lidah buaya yang nantinya anda oles pada bekas luka di wajah anda.

13 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki secara Alami

Menggunakan salep memang praktis dan mudah, tapi hasilnya tidak selalu memuaskan. Di samping itu harga salep untuk menghilangkan bekas luka di kaki juga tidak murah. Alternatif lain daripada memakai salep yang mahal harganya dan hasilnya belum tentu memuaskan, mungkin lebih baik Anda mencoba beberapa cara menghilangkan bekas luka di kaki secara alami dan cepat.

Cara menghilangkan bekas luka gatal di kaki secara alami dan cepat
 
1. Daun Jarak
Anda juga bisa menggunakan daun jarak sebagai cara menghilangkan bekas luka lama di kaki secara alami dan cepat.

Caranya adalah :

Siapkan beberapa lembar daun jeruk, kemudian direbus.
Basuhkan air rebusan daun jarak tersebut pada bekas luka.

2. Kencur
Kencur banyak digunakan untuk campuran jamu. Dan memang sudah dikenal khasiatnya sebagai

cara menghilangkan bekas luka hitam di tangan dan kaki. Caranya adalah dengan membuat ramuan beras kencur :

Siapkan 1 genggam beras yang telah direndam selama 7 menit.
Tambahkan 4 kencur.
Tumbuk ke dua bahan tesebut sampai halus.
Tambahkan sedikit air agar menjadi salep.
Oleskan pada bekas luka.

3. Minyak Zaitun
Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun berguna untuk memudarkan bekas luka hitam di kaki. Selain itu minyak zaitun juga banyak mengandung polifenol (anti-oksidan yang berfungsi melindungi sel-sel dari kerusakan).

Caranya:

Siapkan 1 sdm minyak zaitun dan 1 sdt madu.
Campur keduanya menjadi satu.
Oleskan pada bekas luka anda.

4. Air kelapa
Menggunakan air kelapa untuk membasuh bekas luka yang hitam, ternyata cukup manjur sebagai cara menghilangkan bekas luka yang menghitam.

Caranya :

Siapkan air kelapa secukupnya
Gunakan air kelapa untuk membasuh bekas luka anda
Biarkan beberapa saat
Bilas dengan air bersih

5. Mint
Mint biasa digunakan sebagai aromaterapi yang mujarab, ternyata daun mint juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka secara alami.

Caranya :

Tumbuk beberapa lembar daun mint
Oleskan pada bekas luka

6. Teh Hijau
Anda mungkin tidak menyangka bahwa ternyata teh hijau juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka hitam di kaki. Teh hijau memang banyak manfaatnya untuk kesehatan. Maka tidak ada salahnya bila Anda juga mencoba menggunakan teh hijau sebagai cara menghilangkan bekas luka di kaki.

Caranya :

Gunakan ampas teh hijau
Gosokkan pada bekas luka
Lakukan rutin setiap hari, maka bekas luka di kaki segera menghilang

7. Jeruk Nipis
Jeruk nipis mengandung banyak anti-oksidan dan vitamin C. Gabungan dari kandungan ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati yang menghilangkan bekas luka hitam di kaki.

Cara menghilangkan bekas luka yang sudah lama ini mudah saja :

Belah buah jeruk menjadi dua bagian
Oleskan pada kulit secara merata
Diamkan selama 30 menit
Bilas dengan air bersih

8. Lemon
Lemon adalah jenis buah jeruk yang mengandung banyak anti-oksidan dan vitamin C. Selain itu juga terdapat kandungan asam alpha hidroksi yang berguna untuk menangkal radikal bebas di dalam kulit sehingga seiring dengan berjalannya waktu, bekas luka pada kaki akan memudar. Dengan mengoleskan air perasan lemon pada bekas luka di kaki Anda, akan segera memudarkan bekas luka karena lemon adalah obat bleaching yang alami.

9. Madu
Cara menghilangkan bekas luka secara alami dalam waktu 1 minggu selanjutnya menggunakan madu, yang mampu mencerahkan kulit karena mengandung banyak anti-oksidan dan juga dapat mengangkat kulit mati.

Caranya :

Ambil 1 sdm madu
Oleskan pada bekas luka di kaki
Diamkan selama 30 menit
Bilas dengan air bersih

10. Putih Telur
Putih telur telah dipercaya khasiatnya yaitu dapat digunakan sebagai cara alami menghilangkan bekas luka di kaki dengan cepat. karena putih telur mengandung banyak protein dan sumber mikronutrien.

Caranya :

Pisahkan putih telur dari kuning telur
Oleskan putih telur pada bekas luka
Untuk menghindari bau amis, anda bisa menambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis ataupun lemon

11. Lidah Buaya
Selama ini Anda telah mengetahui penggunaan lidah buaya sebagai cara merawat rambut dan cara mencerahkan kulit. Sebenarnya Lidah buaya juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka di kaki secara alami.

Caranya pun mudah saja :

Ambil gel lidah buaya yang ada di tengah
Oleskan secara merata pada kulit wajah Anda
Diamkan selama 15 menit
Bilas dengan air bersih

12. Mentimun
Mentimun mengandung banyak mineral dan vitamin yang berguna bagi kesehatan tubuh dan dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka bakar di kaki dengan cepat.

Cara memutihkan wajah secara alami dengan menggunakan mentimun :

Iris mentimun tipis-tipis
Tempelkan pada seluruh wajah
Diamkan selama 30 menit
Basuh dengan menggunakan air bersih

13. Mengkudu
Ada kandungan anti oksidan yang tinggi dalam buah mengkudu, sehingga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka lama di kaki.

Caranya :

Haluskan buahnya lalu masak
Oleskan pada bekas luka Anda
Loading...

Belum ada Komentar untuk "10+ Cara Menghilangkan Bekas Luka Menghitam di Wajah Terampuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel